Undangan Kompetisi Digital Creativity TeSCA 2021

Dalam rangka mendorong percepatan program pemerintah bertajuk Gerakan Literasi Digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. mengadakan Telkom Smart Campus Awards (TeSCA) 2021  sebuah program pemeringkatan, awarding, dan publishing untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia beserta civitas akademika—baik dosen dan mahasiswa—demi meningkatkan talenta digital nasional. Program ini bertujuan untuk membantu penciptaan talenta digital baru yang siap bersaing dan mengharumkan nama Indonesia di level global.

Telkom Smart Campus Award (TeSCA) sendiri telah diinisiasi oleh Telkom Indonesia bekerjasama dengan berbagai pihak (ID-REN dan PDDIKTI) sejak tahun 2014 dan diikuti oleh Perguruan Tinggi di Indonesia. Tahun ini TeSCA mengusung tema “Digital Smart Campus, Wujudkan Indonesia Tumbuh” dengan dua kategori penilaian yaitu Digital Adoption dan Digital Creativity. Kategori Digital Adoption ditujukan untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang terdaftar pada Forlap Dikti. Nantinya, perguruan tinggi akan diklasterisasi dengan menggunakan metodologi ZEN Framework berdasarkan adopsi digitalisasi yang telah diimplementasi baik dalam proses belajar mengajar maupun proses administrasi perkuliahan.

Kemudian, kategori Digital Creativity bisa diikuti seluruh Civitas Akademika yang memiliki ide dan inovasi digital. Pemenang dalam kategori ini akan dinobatkan sebagai The Future Generation: Civitas Academica.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kami mengundang Anda yang telah memiliki inovasi digital untuk ikut serta pada kompetisi Digital Creativity, dengan cara mendaftar melalui website https://tesca.id dengan memilih tombol registrasi pada kolom Digital Creativity.

Kompetisi ini sendiri terdiri dari 6 (enam) kategori, yaitu:

  1. Lifestyle

Kategori Lifestyle merupakan aplikasi atau digital product yang dapat digunakan oleh personal dalam kehidupan sehari-hari. Meliputi fitness/sports, personal health, food, music, travel, dan lain-lain.

  1. Social and Community

Kategori social and community merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh sosial dan komunitas, termasuk aplikasi social commerce, social logistics, dan lain-lain.

  1. Education and Information Distribution

Kategori education and information distribution merupakan aplikasi atau digital product yang digunakan untuk mengedukasi dan/atau menginformasi sesuatu kepada masyarakat luas, seperti educational apps, early warning information, portal berita ataupun language translator, dan lain-lain.

  1. Productivity

Kategori productivity merupakan aplikasi atau digital product yang digunakan menjadi alat yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas bekerja, meliputi work order apps, resource management, dashboard, payment, dan lain-lain.

  1. Entertainment and Home Intelligent

Kategori entertainment and home intelligent merupakan aplikasi yang memadukan videotext, dan audio content untuk menjadi hiburan, termasuk aplikasi pintar untuk pengelolaan rumah dan lingkungan. Contohnya aplikasi rumah pintar, video streaming, podcasting apps, dan lain-lain.

  1. Games

Kategori games merupakan aplikasi atau digital product yang dapat digunakan untuk sarana hiburan dalam bentuk permainan.

Dalam kompetisi Digital Creativity setiap kategori akan dipilih juara 1, 2, dan 3 dengan detail hadiah sebagai berikut.

Juara 1 : Hadiah Uang Tunai senilai Rp. 30.000.000

Juara 2 : Hadiah Uang Tunai senilai Rp. 20.000.000

Juara 3 : Hadiah Uang Tunai senilai Rp. 15.000.000

Setiap juara 1, 2, dan 3 pada masing-masing kategori akan diberikan Golden Ticket untuk proses rekrutmen jalur Creativity Competion Based dan berkesempatan berkarir di Telkom Indonesia. Terdapat pula Golden Ticket Pitching Indigo Batch Intake bagi peserta yang sebelumnya telah menjadi bagian dari Indigo.

Adapun jadwal kegiatan kompetisi Digital Creativity adalah sebagai berikut:

Tanggal Kegiatan
23 Agustus 2021 Peluncuran TeSCA 2021
12 November 2021 Batas Akhir Pendaftaran
November – Desember 2021 Validasi Data dan Analisa Big Data
13 – 26 November 2021 Penjurian
29 November – 3 Desember 2021 Pitching Day
Desember 2021 Announcement dan Pengumuman Pemenang

Poster dan Undangan Kompetisi bisa di download disini!!

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengirimkan pesan melalui tesca@telkom.co.id atau tescaindonesiapodcast2021@gmail.com, website https://tesca.id, what’s app +62812-9351-7362 dan kanal media sosial Instagram @tescaindonesia serta Facebook Tesca Indonesia.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Besar harapan kami Anda dapat ikut serta dalam kompetisi Digital Creativity TeSCA 2021. Kami tunggu inovasi terbaik Anda.

Salam Hormat,

Panitia Telkom Smart Campus Awards